Asal Usul Android : Hadir Untuk Kebebasan Pilihan

 Haloo semua apa kabar...

Anda pasti sudah banyak yang mendengar tentang android dan boomingnya. Dalam postingan kali ini, saya akan bercerita tentang asal usul android kenapa sih bia muncul dan booming seperti sekarang.

Semoga bisa bermamfaat buat sobat android lover dan gadgeteer lainnya, untuk melihat semangat yang di miliki android di dalamnya.


Suatu ketika Google membeli Android inc, yang di pimpin oleh Andy Rubin. Setelah di beli Google mengangkat Andy Rubin sebagai Vice President Of Engineering urusan android, Google tau, Andy Rubin yang membuat perusahaan Android inc adalah orang yang paling mengerti tentang android, Andy Rubin pun tetap meminmpin.
android
Asal-usul Android
Saat itu di laksanakan metting, untuk mendengarkan visi dan misi dari Android yang di bawakan oleh Andy Rubin. Hadir di sana adalah VP Engineering google, Vic Gundotra. Ketika meting baru mulai dan Adny Rubin siap memaparkan apa itu android, Vic langsung bertanya, dengan pertanyaan:

"Andy Rubin, apakah dunia ini benar masih butuh mobile operating system yang lain ?"

Usaha google adalah di mesin pencari dan iklan. mesin pencari google sudah ada di setiap smartphone. Saat itu dunia sudah banyak operating system, ada blackberry, windows phone, simbian dan yang paling populer adalah Apple dengan iPhone iOS nya, belum lagi operating system lain. Dan Andy menjelaskan demikian, ada 2 poin utama kenapa android harus di buat.

Poin Pertama:
Saat ini kita sedang kritis dan butuh system operasi yang free dan terbuka (OPen Source) supaya setiap developer bisa bebas berinovasi di seap level di dalamnya. Dengan cara ini para pembuat handset atau vendor bisa membuat handset sesuai keinginannya, boleh layar 2'' , 3'' atau 4". Boleh pakai keyboard, boleh tidak, boleh ada kamera depan atau tidak.. Dan nanti semua operator bisa ikut bergabung bersama sesuai kemampuan mereka, boleh 2G, 3G, 4G, LTE, Wimax, boleh CDMA boleh GSM dll.

Akhirnya nanti para konsumenlah yang di untungkan, mereka bisa menentukan sendi handset smartphone android mana yang terbaik menurut mereka, sesuai kebutuhan masing masing, kemampuan dan  operator yang menjadi pilihan mereka.


Begitulah dasar android yang ada sekarang, dalam usia 4 tahun, android sudah ada di berbagai merek, ada yang murah, ada yang mahal, ada yang layar 2", 3", 4" bahkan 5" dan 7", ada yang kecepatan prosesornya 300Mhz, ada yang 1Ghz bahkan sekarang ada yang sampai 2Ghz, ada yang pakai keiboard, ada yang berlayar sentuh kapasitif, resisif, mempunyai kamera di depan, berkamera 3MP,5MP,8MP, dengan berbagai dunkungan operator berbeda-beda, android fit di dalamnya.




Poin ke 2:
Karena kini Google adalah rekayasa IT, google punya kemampuan. Kalau google hanya diam saja maka dunia akan menghadapi Draconian Future yang mengacu kepada jaman Yunani ketika seseorang yang bernama Draco menjadi pengatur hukum disana, dimana pelanggaran kecil saja mendapat hukuman yang berat.. Masa depan yang sulit di mana nanti di depannya hanya akan ada:
1 Orang
1 Perusahaan
1 Operating System
dan satu operator saya yang bisa jadi pilihan konsumen. That's the future we don't want. (dan sekarang bertanya-tanya siapa yang di amksud oleh Andy Rubin sebagai 1 penguasa?), kuncinya adalah tahun 1984.

Pembicaraan pun di tutup dengan kata-kata ini:
jadi jika kita adalah orang yang percaya akan keterbukaan, percaya akan pilihan dan percaya akan inovasi yang bisa dilakukan semua orang Welcome to Android!

Semangat ini yang membawa Android terus berevolusi sampai sekarang, maka dalam 1,5 tahun kehadiran Android, sudah dipercaya oleh:
  • 59 Operator
  • 48 Negara
  • 21 OEM
  • 100 ribu aplikasi
  • 200 ribu android baru di aktivasi setiap hari.
Sekian dulu postingan kali ini Android Lovers.

Pendiri android
Andy Rubin
 

Keep Oen Source
Keep Open for choices
Keep Inovation
 Kami senang kamu hadir sebagai penyeimbang, so we don't face a draconian future....

2 Responses to "Asal Usul Android : Hadir Untuk Kebebasan Pilihan"

  1. baru tahu sejarah androidnya sob,,,
    android memang mengalahkan semuanya,,,,,,,

    ReplyDelete
  2. @MaYa KayLa Iya gan begitulah perjuangannya..!!

    ReplyDelete